Header Ads

Pengertian Konsumen Menurut Para Ahli

Konsumen menurut Sri Handayani (2012: 2) konsumen (sebagai alih bahasa dari consumen), secara harfiah berarti" seseorang yang membeli barang atau menggunakan jasa''; atau ''seseorang atau sesuatu perusahaan yang membeli barang tertentu atau menggunakan jasa tertentu'' juga ''sesuatu atau seseorang yang menggunakan suatu persediaan atau sejumlah barang".

Ada pula yang memberikan arti lain yaitu konsumen adalah ''setiap orang yang menggunakan barang atau jasa dalam berbagai perundang-undangan negara”.

Sejalan dengan Sri Handayani, Az. Nasution (dalam Celina Tri Siwi Kristiyanti, 2009: 25) juga menjelaskan beberapa batasan tentang konsumen, yakni:


  • Konsumen adalah setiap orang yang mendapatkan barang atau jasa digunakan untuk tujuan tertentu;
  • Konsumen antara adalah setiap orang yang mendapatkan barang dan/jasa untuk digunakan dengan tujuan membuat barang/jasa lain atau untuk diperdagangkan (tujuan komersial);
  • Konsumen akhir adalah setiap orang alami yang mendapat dan menggunakan barang dan/atau jasa untuk tujuan memenuhi kebutuhan hidupnya pribadi, keluarga dan atau rumah tangga dan tidak untuk diperdagangkan kembali (nonkomersial).

Sedangkan dalam Pasal 1 angka 2 UUPK pengertian konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan”.

Menurut Dewi (2013:1), konsumen adalah seseorang yang menggunakan produk dan atau jasa yang dipasarkan. Sedangkan kepuasan konsumen adalah sejauh mana harapan para pembelian seorang konsumen dipenuhi atau bahkan dilebihi oleh sebuah produk. Jika harapan konsumen tersebut dipenuhi maka ia akan merasa puas, dan jika melebihi harapan konsumen, maka konsumen akan merasa senang.

Pengertian Konsumen menurut Philip Kotler (2000) dalam bukunya Prinsiples Of Marketing adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.

Pada intinya pengertian dari konsumen adalah setiap orang yang memakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan hidupnya maupun untuk berbagai kepentingan tanpa memperdagangkannya kembali.

Pengertian Prilaku Konsumen
Banyak definsi mengenai perilaku konsumen yang telah dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut :

  •  Perilaku konsumen adalah studi mengenai individu, kelompok atau organisasi dan proses-proses yang dilakukan dalam memilih, menentukan, mendapatkan, menggunakan, dan menghentikan pemakaian produk, jasa, pengalaman, atau ide untuk memuaskan kebutuhan serta dampak proses-proses tersebut terhadap konsumen dan masyarakat (Hawkins, Best & Coney, 2001 dalam bukunya Fandy Tjiptono, 2004).
  • Perilaku Konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghentikan konsumsi produk, jasa, dan gagasan (Schiffman & Kanuk, 2000 dalam bukunya Fandy Tjiptono, 2004).
  • Sedangkan menurut Freddy Rangkuti, Perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai berikut:
  • Perilaku konsumen adalah dinamis, menekankan bahwa seorang konsumen, kelompok konsumen serta masyarakat luas selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu.
  • Perilaku konsumen melibatkan pertukaran, menekankan bahwa untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat, kita harus memahami yang dipikirkan (kognisi), dirasakan pengaruh.

Jadi perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen dalam memenuhi keinginannya terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan, dimana keinginan dari konsumen itu bisa berubah-ubah.

Sekian uraian tentang Pengertian Konsumen Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat..!


Daftar Rujukan tentang Konsumen

  • Oct 8, 2010 - Psikologi konsumen Pengertian Konsumen menurut Philip Kotler (2000) dalam bukunya Prinsiples Of Marketing adalah semua individu dan ...Pengertian Konsumen Menurut Para Ahliwww.infodanpengertian.com › ... › Kewirausahaan › Pemasaran
  • Menurut Sri Handayani (2012: 2) konsumen (sebagai alih bahasa dari consumen), secara harfiah berarti" seseorang yang membeli barang atau menggunakan ...[PDF]BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Konsumen Menurut Dewi ...
  • eprints.polsri.ac.id/666/3/BAB%20II.pdf 2.1 Pengertian Konsumen. Menurut Dewi (2013:1), konsumen adalah seseorang yang menggunakan produk dan atau jasa yang dipasarkan. Sedangkan ...Pengertian KONSUMEN adalah: Jenis, Hak, dan Kewajiban Konsumenhttps://www.maxmanroe.com › Beranda › Ekbis
  • Pengertian Konsumen Menurut Para Ahli. Agar lebih memahami apa arti konsumen, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini: ...Devie Afriani: TUGAS BAB 3 "PENGERTIAN KONSUMEN"
  • devieafriani.blogspot.com/.../tugas-bab-3-pengertian-konsumen.ht... Translate this pageApr 17, 2010 - Banyak para ahli yang mencoba mendefinisikan pengertian dari konsumen. Menurut para ahli hukum, konsumen adalah sebagai pemakai ...risalah ilmu: EKONOMI MIKRO : PENGERTIAN KONSUMENbimsbudiantoro.blogspot.com/.../ekonomi-mikro-pengertian-konsu...
  • Jun 14, 2016 - Berikut ini adalah pengertian konsumen menurut beberapa ahli, yaitu: ... Pengertian Konsumen menurut James F Engel, Perilaku konsumen di ...[PDF]BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Pengertian Konsumen Kebanyakan pakar ...
  • digilib.uinsby.ac.id/9301/5/bab2.pdf
  • Kebanyakan pakar ekonomi mengasumsikan bahwa konsumen merupakan pembeli ... B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan.pengertian perilaku konsumen dan definisi konsumen menurut para ahli
  • trainingpemasaransurabaya.com/?p=1163
  • Nov 12, 2016 - Mengacu kepada perilaku para konsumen merupakan sebuah kegiatan yang berkaitan erat dengan proses pembelian terhadap suatu barang ...pengertian konsumen menurut para ahli | Juniorsuryadilaga's Bloghttps://juniorsuryadilaga.wordpress.com/.../pengertian-konsumen-m...
  • Jan 9, 2010 - pengertian Perilaku Konsumen menurut beberapa ahli. a. Schiffman dan Kanuk. Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh sesorang ...Searches related to pengertian konsumen menurut para ahli

Daftar Cari Konsumen

No comments

ADS

Powered by Blogger.